Pengumuman

Jadwal Penerimaan Mahasiswa Jalur Mandiri UNSIKA

Penerimaan mahasiswa baru Jalur Mandiri Universitas Singaperbangsa Karawang Tahun 2021 Program Sarjana (S1).Pendaftaran dapat dilakukan melalui link berikut: https://ecampus.unsika.ac.id/u/pmb.zul

Seleksi penerimaan SMMPTN jalur reguler sarjana menggunakan nilai SNMPTN, UTBK SBMPTN, SPAN-PTKIN dan nilai UM-PTKIN. Penggunaan nilai untuk SNMPTN (bagi pendaftar prodi SAINTEK atau SOSHUM) dan SPAN PTKIN (bagi pendaftar prodi rumpun AGAMA) hanya diperuntukkan bagi peserta dengan pilihan pertama program studi yang ada di UNSIKA. Selain itu, jalur seleksi mandiri untuk menjaring mahasiswa jenjang
sarjana ke 26 program studi bisa juga melalui tes online bagi yang tidak mempunyai nilai SNMPTN (Pilihan 1 Unsika)UTBK, SPAN-PTKIN (Pilihan 1 Unsika) atau UM-PTKIN.

Universitas Singaperbangsa Karawang pada tahun ini membuka tiga jenis jalur mandiri, yaitu :

a. Penerimaan Mahasiswa Asing (PMA) : International Undergraduate Program (IUP)

b. Penerimaan Jalur Ketua OSIS

c. Penerimaan Jalur Reguler : Menggunakan nilai UTBK SBMPTN atau nilai UM-PTKIN untuk program sarjana, dan ujian seleksi masuk untuk program diploma dan pasca sarjana.

Adapun jadwal pelaksanaan dapat dilihat di bawah ini:

1. International Undergraduate Program (IUP)

– Registration : Until 10th June 2021

– Preliminary Result Announcement : 15th June 2021

– Interview Test : 17th – 18th June 2021

– Final Result Announcement : 22nd June 2021

2. Jalur Ketua OSIS

– Pendaftaran : 10 Mei – 16 Juni 2021

– Seleksi : Pertengahan Juni 2021

– Pengumuman : 28 Juni 2021

3. Jalur Reguler

– Pendaftaran : 10 Mei – 4 Juli 2021

– Simulasi Ujian : 6-9 Juli 2021

– Pelaksanaan Ujian : 12 – 16 Juli 2021

– Pengumuman : 20 Juli 2021

131 comments

  1. lipah

    Kak kalo waktu ikut sbmptn pilihannya unsika tapi tertolak, dan jalur mandiri memakai nilai utbk, apakah kemungkinan masih bisa lolos lewat jalur mandiri?

    1. administrator

      Kemungkinan masih bisa lolos,nilai UTBK kan diseleksi lagi. Jadi kesempatan masih terbuka lebar ^_^

      1. Maulana Wibisono

        Kak maaf mau bertanya kalau yang tidak memilih unsika dipilihan nya apa masih bisa memilih mandiri di unsika ka? Walau memiliki nilai SNMPTN dan Nilai SBMPTN??

  2. fadel

    permisi kak numpang tanya, untuk jalur mandiri yang menggunakan nilai utbk apakah ada jalur tes tulis lagi? ataukah hanya murni menggunakan nilai utbk?

    1. administrator

      Untuk program sarjana, murni menggunakan nilai UTBK , tidak ada tes/ujian lagi

      1. Frisky

        Di unsika, smmptn tahun ini untuk program s1 semua jurusan, menggunakan hasil nilai utbk sbmptn atau nilai snmptn

      2. Icha

        Min batas akhir pendaftaran untuk jalur UTBK kapan ya ?

        Terimakasih 🙂

  3. aisya

    kak mau tanya untuk tahun ini apa benar unsika hanya menerima dari hasil utbk dan um ptkin, kalau selain itu apa tidak ada jalur lain?

    1. administrator

      Jalur reguler Untuk program sarjana : Benar, hanya menggunakan nilai UTBK dan UM-PTKIN.
      Selain itu, ada jalur ketua OSIS dan mahasiswa asing

  4. Bella

    Mohon info kontak admin yang bisa dihubungi 🙏🏻 karena saya mau mendaftar jalur mandiri dan mau menanyakan segala persyaratanya🙏🏻

    1. administrator

      Informasi mengenai jalur mandiri bisa diikuti di web ini dan sosial media Unsika

  5. Novensius Juan Felix

    Assalamu’alaikum min ijin bertanya, apakah pendaftaran jalur mandiri unsika S1 reguler menerima calon penerima KIP kuliah?

    1. administrator

      Waalaikumsalam wr wb, Iya, di jalur mandiri juga ada kuota untuk calon penerima KIP.

      1. raesya

        permisi ka, aku mau daftar mandiri menggunakan kip tapi kok gaada isian kip di webnya ya? terimakasih

  6. Iqbal

    Permisi ka mau tanya”, kalo saya tidak ikut utbk karna alokasi saya jauh di magelang,
    Apakah bisa ikut jalur madiri program D3?

    1. administrator

      Ikuti terus informasi mengenai jalur mandiri program D3 ya

  7. Ahmad Alfianto

    Kak untuk pendaftaran jalur mandiri di buka kapan

  8. Bagus

    Permisi ka saya mau nanya, kalau belum utbk, nanti ada tes lagi?

    1. administrator

      Untuk jalur mandiri program sarjana, tahun ini hanya menggunakan nilai UTBK dan UM-PTKIN.
      Kalau misalnya tidak mengikuti UTBK, mungkin nanti bisa ikut tes/ujian masuk program diploma di Unsika.

  9. fathin

    kak mau tanya,kalo daftar jalur mandiri apa harus ikut umptkin juga?kalo utbk doang ikutnya dan umptkin nya ngga gmnn?

  10. Vivi Insani

    Haiii kak, izin bertanya untuk penerimaan jalur mandiri apakah nanti jika lolos diharuskan untuk membayar uang pengembangan institusi?

    1. administrator

      Informasi mengenai Uang pengembangan Institusi akan disampaikan sejak pendaftaran jalur Mandiri. Untuk informasi lengkapnya akan disampaikan melalui web ini.

  11. ara

    Itu yang mandiri jalur reguler ada keterangan “pelaksanaan ujian” berarti itu nanti tanggal 12 juli datang ke unsika untuk ujian tulis ya min? atau bagaimana?

    1. administrator

      Untuk jalur mandiri yang progam sarjana tidak ada ujian lagi, sedangkan untuk program diploma dan pascasarjana akan ada tes online.

  12. Olip

    Hallo kak jika kita ingin mengambil Program Studi Pendidikan Agama Islam. nanti pada saat pendaftaran menggunakan nilai utbk saja atau harus dengan nilai UM-PTKIN

    1. administrator

      Untuk jalur mandiri program studi S1 Pendidikan Agama Islam menggunakan nilai UM-PTKIN.

  13. Rasyid anwar

    Tanya kalo gaikut utbk, tp mau daftar ilmu hukum unsika, ada tes lain ga

    1. Rasyid anwar

      Permisi ka mau Tanya kalo gaikut utbk, tp mau daftar ilmu hukum unsika, ada tes lain ga

      1. administrator

        Untuk tahun ini program sarjana pada jalur mandiri hanya menggunakan nilai UTBK atau UM PTKIN

    2. Rasyid anwar

      Permisi ka mau Tanya kalo gak ikut utbk, tp mau daftar ilmu hukum unsika, ada tes lain ga

      1. administrator

        Untuk tahun ini program sarjana pada jalur mandiri hanya menggunakan nilai UTBK atau UM PTKIN

    3. administrator

      Untuk tahun ini program sarjana pada jalur mandiri hanya menggunakan nilai UTBK atau UM PTKIN

  14. Indah

    Untuk biaya jalur mandiri berapa ya?

    1. administrator

      Informasi lengkap mengenai pendaftaran jalur Mandiri akan disampaikan melalui web ini. Tunggu sesuai jadwal pelaksanaan ya ^_^

  15. adinda

    Kak biaya pendaftaran ikut jalus mandiri Unsika berapa kak?

    1. administrator

      Informasi lengkap mengenai pendaftaran jalur Mandiri akan disampaikan melalui web ini. Tunggu sesuai jadwal pelaksanaan ya ^_^

  16. Rasyid anwar

    Maaf nih ka .mau Tanya kalo gak ikut utbk, tp mau daftar ilmu hukum unsika, ada tes lain ga?

    1. administrator

      Untuk tahun ini program sarjana pada jalur mandiri hanya menggunakan nilai UTBK atau UM PTKIN

  17. tonny

    permisi kaka

    tanya dong, jika lulusan D3 ingin melanjutkan S1 di UNSIKA apakah bisa?
    bagaimana caranya

    1. administrator

      saran : langsung saja menghubungi tata usaha atau kirim email ke jurusan yang anda inginkan. Kalau bisa ke kampus Unsika, bisa langsung fakultas untuk informasi lebih lengkap terkait syarat atau ketentuan terkait alih jenjang ini.

  18. theva

    Hi kak mau tanya, persyaratan untuk daftar jalur mandiri unsika jalur reguler apa aja ya? Terimakasih.

    1. administrator

      Informasi lengkap mengenai pendaftaran jalur Mandiri akan disampaikan melalui web ini. Tunggu sesuai jadwal pelaksanaan ya ^_^

  19. Ericha

    Permisi ka, jika daftar melalui hasil utbk sistemnya bagaimana ka? Apa mengikuti jadwal reguler? Terimakasih

    1. administrator

      Iya, jadwal reguler. Informasi lengkap mengenai pendaftaran jalur Mandiri akan disampaikan melalui web ini. Tunggu sesuai jadwal pelaksanaan ya ^_^

  20. Dian

    Min kalo tidak ikut sbmptn, apakah masi bisa ikut daftar jalur mandiri?

    1. administrator

      Untuk tahun ini program sarjana pada jalur mandiri mengambil nilai UTBK dan nilai UM-PTKIN. Jika anda tidak ikut UTBK, masih ada kesempatan ikut UM-PTKIN untuk 3 prodi di Fakultas Agama Islam. Selain itu, masih ada program diploma yang akan diadakan tes masuk di jalur mandiri Unsika.

  21. Nita

    Kalau mau daftar ikut D3 kebidanan jalurnya bagaimana?
    Kemarin tidak ikutan daftar SNMPTN /SBMPTN

    1. administrator

      Untuk tahun ini program sarjana pada jalur mandiri mengambil nilai UTBK dan nilai UM-PTKIN. Jika anda tidak ikut UTBK, masih ada kesempatan ikut UM-PTKIN untuk 3 prodi di Fakultas Agama Islam. Selain itu, masih ada program diploma yang akan diadakan tes masuk di jalur mandiri Unsika.

      Jadi Anda masih ada kesempatan buat daftar ke D3 Kebidanan.

  22. Nita

    Maaf kak mau tanya nih, kalau gak ikutan utbk lalu skr mau daftar D3 Kebidanan apakah ada cara lainnya?

    1. administrator

      Untuk tahun ini program sarjana pada jalur mandiri mengambil nilai UTBK dan nilai UM-PTKIN. Jika anda tidak ikut UTBK, masih ada kesempatan ikut UM-PTKIN untuk 3 prodi di Fakultas Agama Islam. Selain itu, masih ada program diploma yang akan diadakan tes masuk di jalur mandiri Unsika.

      Jadi Anda masih ada kesempatan buat daftar ke D3 Kebidanan.

  23. Hani

    Kak, mau nanya. ‘kan penerimaan lewat jalur mandiri menggunakan skor utbk, apakah hanya diperuntukkan bagi yang memilih unsika di sbmptn atau bebas? terima kasih..

    1. administrator

      Tenang, tidak ada syarat pada UTBK memilih Unsika saat SBMPTN ^_^ yang penting mengikuti UTBK dan skornya bisa didaftarkan untuk seleksi masuk jalur mandiri.

  24. tria

    untuk seleksi mandiri bisa pakai KIP K? bisa untuk gizi ga ya?

    1. administrator

      Salah satu syarat KIP-K adalah prodi sudah terakreditasi, untuk prodi Gizi pada tahun 2021 ini sudah melaksanakan akreditasi, semoga hasil akreditasi segera keluar, sehingga bisa memenuhi syarat. Kita doakan juga ya akreditasinya mendapatkan hasil yang terbaik.

      1. Frisky

        Info tambahan.. untuk prodi yg dipilih, minimal harus yg akreditasinya B

  25. Naufal irbah

    Kalo untuk yg ingin seleksi mandiri tapi tidak ikut utbk bagaimana

    1. administrator

      Tahun ini SMMPTN program sarjana menggunakan nilai UTBK (prodi kemdikbud) dan nilai UM-PTKIN (prodi di FAI). Kalau adek mau ke prodi di FAI masih ada kesempatan mendaftar ke UM-PTKIN. Selain itu, kalau misalnya tidak ikut UTBK bisa mengikuti pendaftaran program diploma (ada tes lagi).

  26. araazah

    halo kak,mau tanya untuk penerimaan jalur reguler kan memakai nilai utbk ya? berarti lebih baik daftar mandiri nya setelah pengumuman sbmptn aja?setelah mengetahui skor utbk lalu bisa daftar mandiri unsika reguler? terimakasih semoga di respon

  27. Zafira

    ka izin bertanya, untuk ketentuan lolos seleksi mandiri yg berdasarkan nilai utbk, untuk jurusannya itu calon maba yg menentukan atau jurusannya ditentukan oleh kampus berdasarkan hasil nilai utbk?

    1. administrator

      Ya, calon maba yang memilih saat awal pendaftaran sesuai jenis UTBK (Saintek atau SOSHUM)

  28. Shafira A

    Kak untuk SMMPTN peserta bisa memilih jurusan maksimal berapa ya ?
    dan untuk uang pendaftarannya berapa kak ?

    1. administrator

      Nantikan informasi lengkapnya di tanggal 10 Mei 2021.

  29. Novi meliawati

    Assalamu’alaikum..
    Min, maaf mau tanya.. untuk ujian mandiri unsika menggunakan nilai utbk.. jika saat utbk tidak mendaftar ke unsika bagaimana ya? Apakah tetap bisa ikut jalur mandiri ke unsika?
    Terima kasih.

    1. administrator

      Waalaikumsalam, iya bisa begitu, asal ikut UTBK SBMPTN ^_^

  30. S Alam

    ka, gimana yang ngga ikut snm maupun sbm ??? caranya gimana ya ??

    1. administrator

      kalau sbmptn sudah selesai, mungkin Anda bisa ikut UM-PTKIN untuk prodi di FAI

  31. Adin

    Kak kalo mau daftar unsika tes mandiri tapi sblmnya blm pernah ikut tes sbm, ptkin gtu bisa ga?

    1. administrator

      Jalur mandiri tahun ini menggunakan nilai UTBK SBMPTN atau UM PTKIN tahun ini

  32. Soraya

    Izin bertanya. Apa sudah ada pembukaan pendaftaran untuk jenjang S2? Terima kasih.

  33. Enjay

    Izin bertanya, untuk mengikuti jalur mandiri, harus mengikuti sbm/snm PTN, nah saya mau daftar jalur mandiri tapi saya belum sama sekali ikut sbm/snm PTN, apakah bisa mengikuti pendaftaran?
    Terimakasih

    1. administrator

      Untuk tahun ini jalur mandiri program sarjana menggunakan nilai UTBK SBMPTN atau UM-PTKIN (untuk prodi di FAI).kalau misal Anda tidak ikut SBMPTN, masih ada kesempatan ikut UM-PTKIN sampai 9 mei pendaftarannya. Lalu kalau misal tidak ikut juga, nanti saat jalur mandiri bisa mendaftar pada program diploma (D3) di UNSIKA akan ada ujian/tes masuk lagi.

  34. Fajar

    Assalamu’alaikum, min ijin bertanya. Hari ini udah masuk tanggal 10 mei, untuk pendaftaran tes mandiri unsika jenjang D3 dimana ya min? Terimakasih min sebelumnya

  35. Heryanto Gabriel G

    Kak, kan nilai UTBK SBMPTN belum keluar nih kak, trus kita mau ikut jalur mandiri dikampus UNSIKA
    Nah, kan saya SBMPTNnya ngambil dikampus UNSIKA juga, itu saya ikut ujiannya aja atau lewat nilai UTBK aja kak? terimakasih kak

    1. administrator

      Anda tunggu pengumuman UTBK SBMPTN, kalau tidak lolos baru daftar jalur mandiri. Karena tahun ini jalur mandiri menggunakan nilai UTBK SBMPTN.

  36. Febry

    Kk tanya dong tuk program diploma mandiri kan dibuka tgl 10 mei 2021..kan jatuh hr ini..bagaimana cara pendaftaranny

  37. Kukuh

    Untuk pendaftaran S2 jalur mandiri dibuka sesuai jadwal?

  38. fachri

    cara daftar SMMPTN reguler nya gimana min, saya nyariin tatacaranya tapi kok ga nemu link atau buat registrasinya

  39. Lastri

    jika ingin mendaftar kipk pada jalur smmptn unsika bagaimana caranya ya min? apakah sebelum atau sesudah kita diterima smmptn?

  40. Dede

    Kak untuk pendaftatan D3 mengikuti web di atas atau bagaimana terima kasij

  41. Ichsan Said

    maaf kak mau nanya, kalo kita punya nya nilai UMPTKIN sedangkan UTBK gapunya nilainya, apakah bisa mendaftar menggunakan nilai UMPTKIN ke prodi selain yang ada di FAI?

  42. Aprr

    Maaf min, kalo sebelumnya udh ikut jalur SNMPTN tapi ga lolos, trus ga d lanjut ke jalur sbmptn, apa bisa daftar lagi lewat jalur mandiri?

    1. administrator

      ya bisa, jalur SNMPTN ikut jalur mandiri Unsika

      1. Aprr

        Maaf min, kalo ikut jalur smmptn udh pasti keterima kan?

        1. administrator

          Pendaftaran jalur smmptn juga terdapat seleksi dan ada kuota jumlah yang diterima.

        2. administrator

          jalur smmptn juga ada proses seleksinya dan sesuai dengan kuota penerimaan mahasiswa baru.

  43. Veni

    Selamat malam ka saya veni vibiola saya ingin bertannya ,kan saya lihat di ig unsika katannya untuk tahun iniyang tidak mengikuti jalur utbk bisa nanti ada tesnya ,tapi waktu saya buka formulirnnya ko blm ada bacaannya ya ka ,dan satu lagi ka pas saya sudah menyelesaikan semua ,kenapa pas pilih paketnya tidak bisa ya ka? Terimakasih🙏

    1. administrator

      Pendaftaran yang tes untuk yang tidak mengikuti utbk baru bisa mulai tangal 3 juni 2021.
      Untuk lebih cepat responnya, anda bisa hubungi layanan helpdesk Online (via chat WA) : 085211724778 | Jam Operasional Senin-Kamis Pukul 08.00-16.00 WIB | Jumat Pukul 08.00-16.30 WIB

  44. Febry

    Kk mau tanya untuk test lokasi : daring…berarti test dirumah atw bagaimana..untuk soalny dikirim via hp atw bagaimana..soalny tgl test 12 juni 2021

  45. Adi Suryanto

    Sekarang jalur mandiri menggunakan nilai utbk apakah kita harus tetap melakukan pendaftaran

  46. Syafa nurul

    Ka izin bertanya untuk mandiri unsika minimal dan maksimal memilih prodi nya berapa ka ? Terimakasih

  47. Yoel Octavianus

    ka kalo mau mandiri pake kip, apakah seleksi nilai rapor atau tetap seleksi nilai utbk aja ? terima kasih

  48. Annasha Nurul Fathya

    Ka mau tanya,pembayaran untuk jalur reguler yang pakai nilai UTBK SBMPTN itu bayar berapa ya?

  49. alda

    halo ka, aku mau nanya. jadi jalur mandiri hanya menggunakan nilai utbk saja? tidak ada tes online?

  50. akreditasi jurusan

    Akreditasi Universitas adalah cara menentukan standar kualitas atau cara menilai pada suatu lembaga pendidikan, termasuk kampus.

    Akreditasi universitas juga bisa diartikan sebagai usaha pemerintah menstandarisasi serta menjamin mutu
    lulusan universitas dengan demikian kualitas alumninya tak diragukan, dan sesuai dengan kebutuhan kerja.

    Berpatok dari Peraturan Menteri Pendidikan RI No. 28 Tahun 2005,
    proses menentukan akreditasi kampus bisa dilakukan lewat
    BAN-PT. Proses akreditasi ini umumnya dilalui dengan lembaga pendidikan tinggi setiap 5 thn.

  51. Fraya Diaz Rasyade

    Kak izin bertanya, kalau misalnya ingin daftar jalur mandiri unsika prodi PJKR apakah harus memiliki nilai portofolio sbmptn? Jika saya tidak memilikinya bagaimana?

  52. Diana Gusti Humaini

    Misi kak, mau nnya saya dari pekanbaru mau dftar di unniv ini,
    Jdi saya pengguna kip gak lolos di sbm jadi saya ambil jalur mandiri
    Kira” ujian nya pakai nilai hsil sbm kmren atau ujian lagi ke unniv nya kak??

  53. Yuni Mulyaningsih

    misi kaa, mau tanya jalur mandiri unsika apa menerima kipk dan kalo menerima apakah bisa semua prodi atau hanya beberapa prodi(kalo boleh disebutkan apa saja prodinya) terima kasih sebelumnya:)

  54. Suci Andiniyah

    Permisi, saya ingin menanyakan tentang informasi penerimaan mahasiswa baru. Saya mendaftar jalur mandiri nilai utbk dan sudah membayar, tetapi pada saat log in, keterangan nya saya belum membayar. Mohon di bantu, terimakasih.

  55. Sihnta

    Kak, mau tanya
    Kalau kita sdh bayar biaya pendaftaran dan sdh login, apakah informasi lanjut dari kelulusan yang sdh keluar hasilny itu benar?

  56. syifa bani

    Permisi kak, mau bertanya.. pendaftaran mandiri ada kolom nik dan slip gaji ayah, kalau ayahnya sudah meninggal harus diisi apa ya kak?

  57. Adinda sylviana

    Izin , Saya ingin menanyakan untuk pembayaran pendaftaran berapa Hari ya ?

  58. Landi Wijaya

    Assalamu’alaikum selamat siang min, saya mau tanya min. Saya kan ikut yg sbm trs saya pengen ikut di jalur mandiri yg tes online apakah boleh min? Terima kasih maaf sebelumnya

  59. Febriyanti Eryana Putri

    Assalamualaikum min saya mau daftar jalur reguler tapi pilihan paket dan program tidak bisa diisi. sedangkan besok terakhir pendaftaran, kira kira kenapa ya?

Leave A Comment